5 Jurus Jitu Hilangkan Lemak Berlebih

Riset terakhir menegaskan bahwa hal utama yang perlu diperhatikan saat kita ingin menurunkan berat badan adalah  mengendalikan asupan kalori. Ini terutama apabila usia kita sudah mendekati 40 tahun. Batas yang sering dianjurkan oleh para ahli adalah sekitar 1.600 kalori per hari.

Sebagai panduan, simak lima tips berikut untuk membantu memangkas kalori, mengendalikan dorongan ngemil, dan memastikan program penurunan berat badan berjalan maksimal.

1. Perhatikan porsi makan di rumah
Bukan kegiatan makan di restoran saja yang perlu diwaspadai. Berdasarkan studi terhadap 18 resep yang dimuat dalam sebuah buku resep masakan klasik, hidangan khas rumahan ternyata menyimpan 63 persen kalori berlebih dalam setiap porsi. Salah satunya karena porsi makanan pada masa sekarang semakin lama semakin banyak.
Solusi: Saat memasak, kurangi bahan-bahannya hingga setengah dari komposisi resep. Atau, segera sisihkan separuh hidangan untuk disantap pada waktu makan berikutnya.

2. Tampik minuman manis
Orang yang menghilangkan konsumsi minuman manis dalam sehari bisa menurunkan berat lebih banyak dalam waktu 6 bulan. Bahkan, satu gelas minuman sudah bisa memberikan perbedaan yang signifikan. Ini jika dibandingkan dengan orang yang berusaha mengurangi asupan kalori dari makanan padat, dengan jumlah yang sama. Peneliti dari John Hopkins University berasumsi, kalori yang berasal dari cairan tidak cukup memuaskan sehingga kita cepat merasa lapar lagi.

3. Bersahabat dengan protein
Pada penelitian yang dilakukan di Eropa, orang-orang yang komposisi menu hariannya terdiri dari 25 persen protein ternyata bisa lebih sukses menurunkan berat badan. Protein, baik dari makan besar maupun snack, bisa membantu kita merasa kenyang lebih lama. Saat dicerna, protein juga butuh kalori lebih banyak ketimbang yang diperlukan karbohidrat dan lemak. Demikian simpulan para peneliti.

4. Awali dengan makanan berkuah
Riset membuktikan, kita menyantap kalori 20 persen lebih sedikit jika mengawali waktu makan dengan sup, alih-alih langsung menyantap makanan utama. Catatan: hindari sup yang tinggi kalori, seperti yang dibuat dengan menggunakan krim.

5. Minum jus sayuran
Jus dari ekstrak sayuran bisa memuaskan lapar dan mengendalikan asupan kalori. Ini terlihat pada penelitian di University of California.  Davis, relawan yang minum sedikitnya 240 ml jus sayuran (rendah sodium), bisa kehilangan berat badan 4 kali lebih banyak. Ini dibandingkan dengan mereka yang punya pola makan serupa, tetapi tidak menikmati jus sayuran.

No comments:

Post a Comment