9/12/2010

Diet Selalu Gagal??? CobaTips Unik Ini

Kunci utama menjalankan diet adalah kedisiplinan. Jika diet yang anda jalankan belum juga berhasil, bisa jadi Anda kurang disiplin atau keliru memilih caranya. Memang sudah seharusnya, diet mesti dibarengi dengan olahraga teratur dengan rumusan yang tepat (frekuensi, intensitas, waktu, dan tipe). Jika semua sudah dicoba, tambahkan trik lain yang unik berikut ini agar diet Anda sukses:



Pengaruhi Diri
Katakan apa yang ingin Anda makan. Tak perlu menghalangi diri sendiri makan makanan favorit. Bahkan, es krim atau sate padang sekalipun. Diet bukan berarti tak boleh memakan makanan favorit Anda. Mengatur pola makan lebih mengarah kepada mengurangi porsi, mengontrol diri untuk tidak makan berlebihan, bukan menghindari makanan. Jadi, cukup cicipi saja es krim di rumah.

"Dengan mengatakan apa saja yang ingin Anda makan, Anda akan menyadari makanan yang sedang dimakan dan alasan memakannya," kata Jean Kristeller PhD, pendiri The Center for Mindful Eating, di Dover, New Hampshire.

Dengan demikian, Anda bisa secara sadar membatasi diri mengonsumsi makanan enak yang bisa menggagalkan pola makan sehat Anda.

Bawalah uang tunai dan berhematlah
Sebaiknya selalu bawa uang tunai saat ingin makan di luar rumah. Tentu saja cara ini perlu dibarengi sikap disiplin menggunakan uang. Bagi sebagian orang, berhemat merupkan cara menghargai uang, hasil jerih payahnya bekerja. Nah, cara ini perlu diikuti jika ingin diet Anda sukses. Dengan berhemat sembari membawa uang tunai saat akan makan, maka Anda tak akan banyak memesan makanan dan secara langsung porsi makan yang Anda makan berkurang. Membayar makan di restoran dengan uang tunai juga lebih sehat daripada membayarnya dengan kartu kredit atau kartu debit.

"Orang yang membayar makanannya dengan uang tunai lebih peduli terhadap apa yang mereka beli, termasuk nilai nutrisi yang terkandung di makanan tersebut," papar Brian Wansink PhD, pengarang buku Mindless Eating.
Jadi, lanjutnya, dengan berpikir nutrisinya, Anda tentu akan memilih membeli buah buahan daripada kue dengan kadar gula tinggi.

Rileks saat sedang makan
Singkirkan ponsel, matikan televisi  dan hiburan elektronik lainnya saat waktunya makan. Makanlah dengan suasana tenang dan fokuslah pada makanan Anda. Trik ini dinilai berhasil karena berdasarkan penelitian, lingkungan yang bising mendorong Anda makan lebih cepat. Akibatnya, makanan cepat habis dan Anda telah melahap semuanya tanpa mengontrolnya.

"Makan dengan gangguan suara yang keras juga bisa meningkatkan rasa, bau, dan tekstur makanan. Anda menjadi terpancing untuk terus makan," kata Wansink.
Jadi, makanlah perlahan dalam suasana yang tenang tanpa banyak suara.

Mulailah dengan jeruk
Jeruk adalah buah kaya air yang membuat Anda cepat merasa kenyang. Penyerapan asupan ini juga lebih lama sehingga Anda bisa menunda makan dan mengontrol makanan yang masuk setelah mengonsumsi jeruk.

"Dehidrasi memicu rasa lapar lebih cepat," kata Susan Albers PsyD, pengarang Eat, Drink and Be Mindful.

Selain mengonsumsi jeruk sebelum makan, Albers menyarankan, untuk mengurangi tempo makan, minumlah di sela makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PSY - Gangnam Style

PSY - Gangnam Style Lyric